Selasa, 20 November 2012

IMF Mengakomodir Perundingan Phonpen

Pernyataan ini merangkum pandangan awal misi dan rekomendasi kebijakan berdasarkan diskusi di Pohnpei1. Diskusi difokuskan pada kebijakan untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang melalui penguatan manajemen fiskal dan mempromosikan sektor swasta. Ekonomi diperkirakan akan terus berkembang pada kecepatan yang moderat, didukung terutama oleh kegiatan konstruksi baru dan sektor perikanan tumbuh, tetapi menghadapi headwinds selama jangka menengah dari penurunan bertahap dari hibah Compact dan kurangnya sektor swasta yang dinamis. Dalam konteks itu, paket komprehensif dari rencana konsolidasi fiskal jangka menengah dengan reformasi pajak dan pemotongan pengeluaran yang ditargetkan, serta reformasi struktural untuk memelihara pertumbuhan sektor swasta, sangat penting untuk mengamankan kesinambungan fiskal dan ekonomi. I. Latar Belakang dan Outlook 1. Sejak konsultasi Pasal IV lalu IMF pada tahun 2010, ekonomi terus pada jalur pertumbuhan yang stabil. Setelah resesi di tahun 2006-08 karena keterlambatan dalam pemanfaatan hibah Compact serta bahan bakar yang tinggi dan harga pangan, ekonomi FSM tumbuh sebesar 2-2 persen ½ untuk FY2010 dan FY2011. Ekspansi ini didorong oleh kegiatan konstruksi baru, seperti proyek bandara pembaharuan didanai oleh US Federal Aviation Authority (FAA), dan oleh pertumbuhan sektor perikanan dibantu oleh kondisi nelayan yang baik dan harga tinggi. Perekonomian masih tergantung pada sektor publik yang besar (40 persen dari PDB, termasuk perusahaan publik), meskipun ada tanda-tanda pertumbuhan lebih lanjut pick up di perikanan dan pertanian sectors.2 Dipilih Indikator Ekonomi Est. Est. 1 / Proj. FY2009 FY2010 FY2011 FY2012 FY2013 (Year-on-tahun perubahan) PDB riil 1,0 2,5 2,1 1,4 0,8 Harga konsumen Indeks 7,8 6,3 4,6 5,6 4,2 (Dalam persen dari PDB) Konsolidasi fiskal keseimbangan 1,6 0,5 0,6 1,2 0,8 Saat saldo rekening -18,5 -16,6 -18,9 -15,0 -14,3 Sumber: Otoritas RMI dan perkiraan Dana staf. 1/Data Untuk FY2012 adalah awal. 2. Inflasi moderat dari puncaknya FY2009, dan fluktuasi yang sebagian besar didorong oleh harga komoditas. Setelah mencapai 7,8 persen di FY2009, inflasi turun menjadi 4,6 persen pada FY2011. Namun, pada kuartal terakhir tahun 2011 mencatat kenaikan 6,5 persen (year-on-year) mencerminkan kenaikan makanan internasional dan harga BBM, yang terdiri sekitar 46 persen dari keranjang konsumsi. 3. Saldo fiskal keseluruhan pemerintah mencatat surplus konsolidasi sederhana selama tiga tahun berturut-turut melalui FY2011, dengan distribusi yang tidak merata dari hasil seluruh negara. Pada FY2011, keseimbangan fiskal keseluruhan konsolidasi adalah $ 1,9 juta (0,6 persen dari PDB) surplus, dibantu oleh pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nelayan fee. Namun, surplus topeng pemerintah nasional defisit agregat di Level3 pemerintah negara bagian. Sementara Chuuk dan Yap berbalik surplus di FY2011 dengan administrasi pendapatan yang lebih baik, dan Kosrae Pohnpei masing tercatat defisit setara dengan sekitar 1 persen PDB negara. 4. Hutang publik tetap pada tingkat yang relatif rendah, namun kekurangan dana dalam Trust Fund Compact (KKP) aset dan saldo menurun dari dana jaminan sosial menimbulkan tantangan jangka panjang. Hutang publik bruto relatif rendah pada $ 87.100.000 (di bawah 30 persen dari PDB) di FY2011, sebagian besar berutang kepada Bank Pembangunan Asia (AsDB) persyaratan konsesi. Jumlah utang publik kotor dikerdilkan oleh ukuran aset keuangan yang dimiliki dalam KKP yang setara nilainya menjadi $ 257 juta (83 persen dari PDB) pada akhir-FY20124. Namun, lintasan akumulasi aset KKP tidak cukup untuk anggaran jangka panjang kemandirian (lihat paragraf 9 dan Kotak 1). Selain itu, aset bersih dana jaminan sosial menurun dari $ 42.400.000 pada tahun 2010 menjadi $ 40,4 juta di 2011 dengan pembayaran manfaat masih melebihi kontribusi pendapatan, terus meningkatkan kekhawatiran atas kelangsungan hidup sistem (lihat paragraf 13). 5. Meskipun beberapa memburuknya neraca transaksi berjalan (dari -12 persen dari PDB untuk TA 2006-8 persen menjadi -18 untuk FY2009-11 rata-rata), keseimbangan eksternal ditopang oleh aliran stabil transfer resmi. Mayoritas defisit neraca keseluruhan saat ini (19 persen dari PDB di FY2011) dibiayai melalui transfer modal dari sumber-sumber resmi (13 persen dari PDB). Mengingat sifat kontrak mereka, mereka dapat dianggap sebagai sumber pendanaan yang stabil. Demikian pula, ketidakseimbangan dalam neraca transaksi berjalan (defisit perdagangan dan jasa dari 58 persen dari PDB) yang sebagian diimbangi oleh surplus yang stabil dalam saldo pendapatan dan transfer dari hibah saat Compact dan pengiriman uang (40 persen dari PDB). Mengingat sumber pendanaan khusus resmi, tingkat cadangan devisa bruto (½ bulan sekitar 3 impor) tidak sebanyak indikator penting bagi keberlanjutan eksternal seperti di negara-negara lain. Defisit transaksi berjalan melebar di FY2011, dengan peningkatan ekspor (terutama ikan) lebih dari diimbangi oleh yang di impor didorong oleh bahan bangunan dan bahan bakar. Kedatangan pengunjung menurun secara signifikan di FY2011 menjadi 20 persen di bawah puncak FY2009, sementara inflasi lebih tinggi dibandingkan mitra dagang telah membuat nilai tukar riil efektif pada tingkat dihargai. 6. Kondisi keuangan tetap ketat. Ada spread besar antara suku bunga deposito (sekitar 1 persen) dan suku bunga pinjaman (sekitar 14 persen untuk kredit konsumer, sekitar 7 persen untuk pinjaman komersial), sebagian mencerminkan risiko tinggi yang terlibat dalam pinjaman di FSM, terbatasnya ketersediaan lahan yang diberikan sebagai jaminan. Pertumbuhan kredit komersial telah stagnan dalam beberapa tahun terakhir, sedangkan kredit konsumsi melihat beberapa pick up. Rasio kredit konsumen untuk pendapatan rumah tangga relatif tinggi (sekitar 24 persen pada 2011). 7. Pertumbuhan ekonomi kemungkinan akan melambat dalam waktu dekat, karena sektor swasta jatuh pendek dari mengimbangi penurunan permintaan sektor publik dari pengurangan hibah Compact. Pertumbuhan di FY2012 diperkirakan sebesar 1,4 persen karena proyek-proyek konstruksi baru-baru ini dibiayai melalui FAA hibah mereda. Sebuah surplus fiskal sederhana konsolidasi 1 persen dari PDB ¼ diharapkan dalam FY2012, terutama karena peningkatan tajam dalam pendapatan nelayan akses fee sebesar $ 7,6 juta. Sementara sektor perikanan diperkirakan akan terus ekspansi yang sehat, kegiatan grosir dan eceran bersemangat akan tetap menjadi hambatan pada pertumbuhan sektor swasta. 8. Di luar jangka pendek, pertumbuhan ditimbang oleh pengurangan dijadwalkan dalam pencairan hibah Compact. Selain itu, sensus 2010 menunjukkan bahwa penduduk telah menyusut, dan migrasi keluar yang signifikan terus meskipun kinerja ekonomi yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Staf mengharapkan pertumbuhan tetap rendah pada sekitar ½ persen dalam jangka menengah, dengan pertumbuhan sektor swasta gagal untuk mengimbangi efek dari penurunan sektor hibah Compact ($ 0.800.000 per tahun sebelum disesuaikan dengan inflasi). 9. Risiko terhadap prospek berada di sisi negatifnya. Walaupun ada risiko kenaikan tertentu dari upgrade dari pangkalan militer AS di Guam dan percepatan mungkin dalam rilis hibah infrastruktur tertunda, risiko yang lebih besar adalah bahwa penurunan lebih lanjut dalam lingkungan eksternal dan harga komoditas bergejolak menahan pertumbuhan, menyebabkan penundaan lebih lanjut dalam penyesuaian fiskal , dan dengan demikian mengangkat kekhawatiran atas kesinambungan fiskal. Risiko jangka panjang termasuk kegagalan untuk sepenuhnya mempersiapkan berakhirnya hibah Compact, terus migrasi keluar dari penduduk usia kerja, dan perubahan iklim dan erosi pantai yang terkait lahan pertanian yang terbatas. II. Kebijakan untuk Secure Keberlanjutan Ekonomi dan Fiskal A. Kebijakan Fiskal 10. Jumlah proyeksi aset pemerintah di KKP bawah kebijakan saat ini tidak mungkin untuk menghasilkan hasil investasi yang cukup untuk menggantikan hibah Compact yang akan berakhir pada FY2023 (Kotak 1). Meskipun kinerja investasi jinak di FY2012, hasil investasi diproyeksikan dari KKP di FY2024 akan jatuh pendek dari hibah Compact diganti sebanyak $ 16 juta pada FY2011 harga (sekitar 5 persen dari PDB). Untuk mencapai keberlanjutan fiskal dalam jangka panjang, FSM memerlukan strategi fiskal stabil dan tegas. Dalam hal ini, pembentukan "Komite Perencanaan 2.023" (Komite) di bawah kepemimpinan Presiden Mori untuk mengembangkan rencana aksi yang realistis untuk mengatasi kekurangan anggaran menjulang di FY2024 dan seterusnya merupakan perkembangan yang disambut. 11. Keempat poin berikut harus dijadikan sebagai pedoman bagi Komite untuk memenuhi tujuannya. Ø Mengembangkan kerangka ekonomi makro yang realistis. Dokumen anggaran harus mencakup pemerintahan umum (termasuk kewajiban kontinjensi dari perusahaan publik atau dana jaminan sosial) dan jangka panjang proyeksi fiskal harus menggunakan asumsi konservatif pada pertumbuhan dan pengembalian aset sambil memberikan lintasan pengeluaran yang sesuai. IMF dapat berbagi jangka panjang kerangka proyeksi fiskal untuk membantu pemerintah dalam penyusunan proyeksi mereka sendiri. Ø Merancang jalur penyesuaian fiskal yang seimbang. Jalur penyesuaian harus menyerang keseimbangan yang tepat antara kebutuhan untuk melestarikan aset untuk generasi masa depan, saat ini perkembangan kebutuhan (misalnya untuk infrastruktur), dan implikasi pertumbuhan jangka pendek reformasi fiskal. Pemerintah berkomitmen untuk mengamankan fiskal swasembada oleh FY2023 ketika hibah Compact dijadwalkan berakhir. Berdasarkan tingkat 6 persen pengembalian diasumsikan dalam studi GAO sebelumnya, memerlukan aset keuangan sebesar $ 1,1 miliar pada FY2023 (di FY2011 harga). Target ini dapat dicapai dengan meningkatkan surplus fiskal menjadi sekitar 6,4 persen dari PDB pada FY2016, dan kemudian mempertahankan surplus pada level tersebut sampai FY2023, sebelum kembali ke anggaran surplus kecil. Atau, pemerintah bisa mengakumulasi surplus fiskal yang lebih bertahap selama periode yang lebih lama, meskipun dengan risiko yang lebih tinggi dari kelelahan reformasi, tingkat keseluruhan yang lebih tinggi dari surplus fiskal yang diperlukan untuk mencapai kesinambungan fiskal, dan waktu yang lebih singkat sebelum meninggalkan FY2023 untuk kembali menyesuaikan fiskal lintasan dalam hal kemunduran (lihat Box.1). Dampak pertumbuhan yang cukup dari konsolidasi fiskal akan perlu sebagian diimbangi dengan mempercepat reformasi struktural (lihat B. bagian bawah). Ø Membangun buffer kebijakan. Mengingat periode pelaksanaan yang panjang, tidak adanya kebijakan moneter, dan kerentanan ekonomi dan miskin terhadap guncangan eksternal, FSM kebutuhan untuk membangun ruang kebijakan fiskal untuk ketahanan jangka menengah rencana. Tindakan kebijakan mungkin termasuk bagian mengalokasikan pengeluaran untuk mendanai suatu program transfer darurat. Dalam merancang pengaturan ini, Namun, harus diperhatikan bahwa mereka tidak merusak upaya jangka panjang konsolidasi fiskal, mungkin dengan mensyaratkan bahwa jumlah harus dipulihkan oleh tabungan lain dalam panjang terbatas tahun setelah guncangan sementara mereda. Ø Aman buy-in dari pemerintah masyarakat dan negara. Konsolidasi fiskal dalam jangka panjang tidak dapat dilakukan dan dipertahankan tanpa dukungan masyarakat luas. Selain itu, mengingat ukuran yang signifikan dari pemerintah negara bagian di FSM, kontribusi mereka terhadap penyesuaian fiskal sangat penting. Dengan demikian penting bagi pemerintah nasional untuk melibatkan para pemangku kepentingan dalam pembahasan reformasi fiskal yang diperlukan. Dari sudut pandang ini, peningkatan terus menerus audit dan refleksi dari hasil mereka dalam pengelolaan fiskal juga penting. 12. Jika skenario penyesuaian cepat fiskal (lihat Box.1) yang akan dikejar, pemerintah perlu melaksanakan reformasi fiskal segera, menetapkan target yang jelas pada kedua sisi pengeluaran dan pendapatan (lihat grafik teks). Persetujuan dan pelaksanaan kerangka jangka panjang fiskal akan menjadi langkah penting. Keuntungan yang signifikan dapat dilakukan dengan peningkatan efisiensi operasional pada pengeluaran baik saat ini dan modal. Selain keuntungan tersebut, ada ruang untuk mengurangi pengeluaran saat ini sebagai gaji sektor publik di jajaran FSM tinggi di antara wilayah sebagai bagian dari PDB dan tingkat upah publik untuk pemerintah berada pada rata-rata 2,1 kali lebih tinggi dibandingkan sektor swasta. Mereka untuk perusahaan publik memiliki rasio lebih tinggi dari 2,8 kali. Penahanan upah sektor publik (penurunan sebesar 3 persen dari PDB) juga bisa membantu meningkatkan daya saing perekonomian FSM dalam jangka menengah melalui mengandung inflasi dan dengan meningkatkan pasokan tenaga kerja untuk sektor swasta. 13. Secara paralel, reformasi pajak komprehensif yang direncanakan harus cepat dilaksanakan. Meningkatkan pendapatan sangat penting untuk menempatkan keuangan publik pada jalur yang lebih berkelanjutan. Satu set tagihan, termasuk yang untuk membuat Otoritas Pendapatan Bersatu (URA) dan untuk memperkenalkan pajak laba bersih dan nilai tambah pajak untuk menghapus bias terhadap industri dengan biaya tetap yang relatif tinggi dan distorsi dari tingkat yang berbeda dari pajak barang dan jasa di seluruh , telah disetujui oleh pemerintah nasional serta dua dari empat pemerintah negara bagian. Mengingat mendesaknya reformasi pajak, pemerintah harus meningkatkan upaya untuk melibatkan pemerintah negara bagian dan masyarakat umum untuk pertimbangan cepat dari RUU reformasi pajak di negara-negara yang tersisa. Upaya lebih lanjut untuk memperkuat administrasi perpajakan melalui pelatihan staf dan upgrade sistem TI juga akan diperlukan. 14. Untuk melengkapi dan melindungi manfaat dari pengeluaran dan reformasi pajak, adalah penting untuk meningkatkan manajemen keuangan publik. Upaya-upaya untuk memperkuat manajemen keuangan publik dengan dukungan dari Bantuan Keuangan Pacific Technical Center (PFTAC) harus dipercepat dalam hal ini. Di bawah sistem saat ini, surplus fiskal dalam satu tahun dengan bebas disesuaikan untuk membiayai pengeluaran tahun depan. Misi mendorong pihak berwenang untuk merancang aturan fiskal membutuhkan surplus fiskal akan ditransfer ke KKP. Mengingat sifat dari FSM sebagai federasi negara, konsolidasi fiskal dalam jangka panjang juga memerlukan memperkuat disiplin fiskal di pemerintah negara bagian mengandung pengeluaran, termasuk melalui aturan fiskal ketat pada penggunaan pengeluaran carry-over antara anggaran tahunan. Dokumen anggaran harus mencerminkan seluruh kegiatan pemerintah dibiayai oleh kedua penerimaan dalam negeri dan hibah luar negeri serta orang-orang dari pemerintah negara bagian. 15. Sistem jaminan sosial dari FSM tetap dalam situasi keuangan yang menantang. Hal ini dibiayai oleh majikan / karyawan kontribusi pada tingkat 7 persen masing-masing dibayarkan kepada sistem dan pembayaran dana manfaat bagi usia-tua, hidup pasangan pekerja meninggal, dan cacat. Meskipun beberapa upaya dalam beberapa tahun terakhir untuk memperkuat pengumpulan, pembayaran manfaat total ($ 17.400.000) masih lebih dari kontribusi total ($ 16.600.000) pada tahun 2011. Meskipun tingkat kontribusi naik dari 6 menjadi 7 persen pada tahun 2010 dan akan meningkat menjadi 7,5 persen pada tahun 2013, tidak mungkin untuk membalikkan tren erosi aset permanen. Upaya lebih lanjut di kedua pengumpulan pajak dan desain sistem yang diperlukan untuk memperbaiki ketidakseimbangan akumulasi di masa lalu dan mengurangi rekening tunggakan sehingga membawa sistem ke keberlanjutan jangka panjang. Mengingat bahwa itu akan memakan waktu untuk melaksanakan reformasi yang komprehensif, kontribusi dari anggaran umum masih akan dibutuhkan dalam Sementara itu untuk melindungi nilai dana jaminan sosial. 16. Perusahaan publik menimbulkan risiko fiskal lain yang penting. Mereka memiliki kehadiran yang signifikan akuntansi ekonomi 8,6 persen dari PDB. Beberapa perusahaan publik tidak hanya kerumunan keluar sumber daya keuangan dan manusia yang berharga dari sektor lain negara, tetapi juga menghambat pertumbuhan produktivitas seluruh perekonomian melalui layanan efisien atau mahal. Meskipun anggaran transfer ke perusahaan-perusahaan publik saat ini terbatas, ukuran tipis operasi mereka menyiratkan kewajiban kontinjensi yang cukup untuk keuangan publik dalam hal penurunan posisi keuangan perusahaan publik yang dapat dipicu oleh lonjakan harga komoditas. Sementara kompetisi hanya mempromosikan mungkin hanya memiliki efek terbatas karena skala kecil ekonomi, sangat penting untuk memperkuat pengawasan dan akuntabilitas perusahaan publik, khususnya di bidang pelayanan penting seperti listrik dan telekomunikasi. B. Pengembangan Sektor Swasta 17. Pertumbuhan yang berkelanjutan akan membutuhkan sektor swasta yang dinamis. Struktur ekonomi FSM telah berubah sedikit selama dekade terakhir - bagian dari sektor publik berdiri di 38 persen, sektor swasta sebesar 22 persen, dan rumah tangga di 31 persen5. Hambatan utama bagi pengembangan sektor swasta termasuk kesulitan dalam memperoleh sewa tanah aman jangka panjang, ketergantungan pada pembawa tunggal beroperasi harga tinggi penerbangan, buruknya infrastruktur, dan kurangnya labor6 terampil. Sementara beberapa proyek infrastruktur utama yang dilakukan, pemerintah bisa semakin mendukung pertumbuhan sektor swasta dengan mempercepat investasi infrastruktur dan menyediakan lingkungan yang lebih ramah bisnis. 18. Reformasi untuk menarik investasi langsung asing bisa memiliki dampak langsung sebagai bagian dari strategi pembangunan secara keseluruhan. Mengingat keunggulan kompetitif FSM di beberapa ceruk pasar pariwisata, pendekatan yang lebih terfokus pada peningkatan investasi langsung asing di daerah-daerah bisa menghasilkan manfaat langsung. Secara khusus, isu-isu mengenai mendapatkan sewa tanah jangka panjang dan prosedur memberatkan persetujuan untuk investasi asing akan membantu memfasilitasi pariwisata FDI. Langkah-langkah lain untuk meningkatkan lingkungan bisnis meliputi: melakukan dukungan jangka panjang pemerintah untuk College of FSM pada pekerja masa pelatihan, menjaga upah publik di periksa untuk mengurangi kesenjangan publik-swasta upah yang besar, dan memajukan reformasi perusahaan publik untuk mendorong baru pendatang untuk lebih persaingan dalam penyediaan layanan infrastruktur termasuk melalui peningkatan partisipasi sektor swasta dalam perusahaan publik, di mana layak. Pertama Pembangunan FSM itu Partners Forum, yang diselenggarakan pada awal November untuk membahas tantangan ekonomi dan pembangunan untuk FSM, memberikan kesempatan yang baik bagi perwakilan dari pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta, masyarakat sipil dan mitra internasional untuk duduk bersama dan mencari jalan mungkin untuk masa pertumbuhan. Hal ini penting untuk menjaga momentum dan memastikan forum ini diikuti oleh rencana aksi konkrit dengan keterlibatan yang kuat dari para pemangku kepentingan. C. Sektor Keuangan 19. Sektor perbankan baik dikapitalisasi dan dengan likuiditas yang memadai, tapi membuat sedikit dukungan kepada sektor swasta dengan rasio loan-to-deposit yang rendah (33 persen pada akhir FY2011). Sementara deposit terus meningkat selama tiga tahun terakhir, mayoritas dari mereka yang diinvestasikan oleh bank dalam aset keuangan yang aman bukannya dipinjamkan kepada sektor swasta, tampaknya karena kurangnya proyek bankable. Pengenalan UU Transaksi Aman pada tahun 2006 telah memfasilitasi mengambil harta tidak bergerak sebagai jaminan dan tidak membantu bank untuk memberikan pinjaman kepada para pelanggan mereka tidak akan mampu untuk memberikan pinjaman kepada sebelumnya, tetapi sejauh ini belum menyebabkan meningkatkan kredit komersial. Meningkatnya ketersediaan pinjaman konsumen mungkin telah berkontribusi untuk menjemput inflasi dalam beberapa tahun terakhir, dan sementara NPL masih relatif rendah di hanya lebih dari 3 persen ½, pemantauan hati-hati kualitas kredit dibenarkan. 20. Pembangunan FSM Bank, awalnya difokuskan pada kredit komersial, terus terlibat dalam kredit konsumen, dalam persaingan langsung dengan bank-bank swasta. Bank Pembangunan harus kembali ke peran intrinsik pembinaan usaha baru untuk melengkapi bank-bank swasta. Selain itu, ia tidak memiliki resiko penilaian kapasitas yang memadai dan provisioning terhadap kredit konsumsi. Pengawasan yang tepat dari Bank Pembangunan, bersama dengan serikat kredit, sejalan dengan praktik terbaik internasional, merupakan kunci bagi stabilitas keuangan. Misi mendesak bahwa kapasitas dari pihak yang berwenang harus ditingkatkan untuk menyertakan pengawasan kegiatan pinjaman oleh Bank Pembangunan dan serikat kredit. Di bidang asuransi, penguatan kapasitas pengaturan dan pengawasan merupakan prioritas dalam pandangan dari meningkatnya aktifitas usaha perusahaan asuransi tawanan. D. Nilai Tukar dan Keberlanjutan Eksternal 21. Nilai tukar riil FSM ini telah dihargai karena krisis global. Tingkat efektif riil dihargai oleh 9 persen di FY2009 karena kenaikan tingkat inflasi didorong oleh harga makanan dan bahan bakar, dan tetap dihargai. Neraca perdagangan barang memburuk selama periode yang sama, dengan peningkatan ekspor (terutama ikan) lebih dari diimbangi oleh yang di impor. Tingkat nilai tukar dapat dibalik sebagai tekanan inflasi menaklukkan, meskipun pihak berwenang mencatat kecenderungan tingkat harga tetap meningkat pada FSM. 22. Meskipun apresiasi, risiko terhadap stabilitas eksternal saat ini terbatas. Defisit transaksi berjalan diperkirakan masih luas dalam jangka menengah, namun dibiayai melalui bantuan asing. Compact terkait arus keuangan mendominasi saldo eksternal dan akan terus menyediakan sumber pendanaan yang stabil selama dekade berikutnya, sementara utang luar negeri diperkirakan akan menurun dari segi PDB. Perlu ditekankan, bagaimanapun, bahwa reformasi fiskal dan struktural sangat penting untuk mengamankan stabilitas eksternal setelah berakhirnya hibah Compact. Penggunaan dolar AS sebagai mata uang resmi sesuai mengingat ukuran kecil dari ekonomi dan hubungan yang dekat keuangan dan perdagangan dengan Amerika Serikat. E. Masalah Lainnya 23. Meningkatkan keandalan, cakupan, dan ketepatan waktu statistik ekonomi yang lebih baik akan memandu kebijakan. Misi mencatat upaya berkelanjutan oleh Kantor Statistik, Anggaran dan Manajemen Ekonomi, Overseas Development Assistance, dan Manajemen Compact (SBOC) untuk meningkatkan pengumpulan data dan manajemen, termasuk upaya untuk merilis data kuartalan CPI dan upgrade website. Pihak berwenang didorong untuk lebih memperkaya statistik dan menggunakannya untuk pengambilan kebijakan. Secara khusus, sangat penting untuk mengumpulkan dan mengkonsolidasikan data fiskal antar pemerintah nasional dan negara pada waktu yang tepat. Misi ini mengucapkan terima kasih kepada pihak berwenang untuk keramahan mereka dan terima anggota pemerintah, pemimpin politik, dan perwakilan sektor swasta untuk diskusi berbuah. Tabel 1. FSM: Jangka Menengah Skenario (Kebijakan Lancar), FY2009-17 1 / FY2009 FY2010 FY2011 FY2012 FY2013 FY2014 FY2015 FY2016 FY2017 Est. Proj. Proj. Proj. Proj. Proj. Sektor riil Real GDP (perubahan persen) 1,0 2,5 2,1 1,4 0,8 0,7 0,6 0,6 0,6 Harga konsumen (perubahan persen) 7,8 6,3 4,6 5,6 4,2 3,5 2,7 2,0 2,0 Pemerintah Umum keuangan (dalam persen dari PDB) Pendapatan dan hibah 65,9 68,2 65,9 65,2 62,6 60,5 59,3 58,3 57,5 Jumlah pendapatan domestik 21,4 21,8 21,8 23,3 22,0 21,1 20,8 20,5 20,2 Beasiswa 44,5 46,3 44,1 42,0 40,6 39,4 38,5 37,8 37,2 Pengeluaran 64,2 67,7 65,3 64,0 61,8 59,9 58,6 57,7 56,9 Arus 47,4 48,1 46,9 46,8 45,3 43,9 43,0 42,4 41,9 Modal 16,9 19,6 18,4 17,2 16,6 16,0 15,6 15,3 15,0 Keseluruhan keseimbangan 1,6 0,5 0,6 1,2 0,8 0,6 0,6 0,6 0,6 Compact Trust Fund (Dalam jutaan US $, akhir periode) 138,3 177,2 198,5 257,4 297,5 341,0 388,5 440,0 496,1 Neraca pembayaran (dalam jutaan dolar AS) Neraca perdagangan -128,4 -130,7 -134,2 -133,1 -130,4 -128,8 -126,1 -124,2 -125,8 Net layanan -51,9 -43,6 -47,4 -47,6 -47,6 -47,7 -47,9 -48,0 -48,1 Laba bersih 20,6 13,6 14,9 23,0 22,0 21,2 22,1 22,9 23,7 Swasta dan resmi transfer 108,4 112,1 108,0 108,7 107,3 ​​106,3 104,1 102,4 100,9 Rekening berjalan -51,3 -48,7 -58,6 -49,0 -48,7 -49,0 -47,8 -46,9 -49,2 (Dalam persen dari PDB) -18,5 -16,6 -18,9 -15,0 -14,3 -14,0 -13,3 -12,8 -13,2 Giro termasuk transfer resmi -155,9 -157,2 -162,2 -153,9 -152,0 -151,5 -148,0 -145,5 -146,4 (Dalam persen dari PDB) -56,2 -53,4 -52,3 -47,0 -44,8 -43,3 -41,3 -39,8 -39,2 Eksternal utang (dalam jutaan US $, akhir periode) 2 / Saham 84,6 84,3 87,1 87,1 87,1 86,9 86,8 86,7 86,3 (Dalam persen dari PDB) 30,5 28,7 28,1 26,6 25,7 24,9 24,2 23,7 23,1 Debt service 3,9 4,3 5,0 5,1 5,0 5,1 5,0 5,0 5,1 (Dalam persen dari ekspor barang dan jasa) 6,6 6,6 6,9 6,6 6,1 6,0 5,6 5,2 5,2 Sumber: Otoritas FSM dan perkiraan Dana staf. 1 / Perkiraan untuk FY2012 dan proyeksi dari FY2013-17 adalah awal dan berdasarkan data yang diterima dari pihak yang berwenang. 2 / Pemerintah dan utang perusahaan publik saja. Kotak 1: FSM: jangka panjang Keberlanjutan Fiskal Kotak ini menilai keberlanjutan jangka panjang fiskal FSM itu, memperbarui perkiraan dalam konsultasi IV 2010 Pasal. Analisis mempertimbangkan implikasi dari berakhirnya diharapkan hibah Compact tahunan pada keberlanjutan fiskal dari FSM dan pilihan kebijakan yang mungkin untuk mengatasi tantangan tersebut. Kesinambungan fiskal diukur oleh posisi aset pemerintah dapat digunakan sebagai akhir-FY2023 yang akan menghasilkan pendapatan investasi yang cukup besar untuk melengkapi hibah Compact berakhir tanpa secara signifikan mengganggu pelayanan publik dan mengikis nilai Trust Fund Compact (KKP) 7. KKP telah menunjukkan kinerja investasi yang mudah menguap lebih FY2008-2012. Untuk FY2008-09, kembali bersih atas aktiva negatif oleh 17 persen kumulatif, secara substansial mengikis nilai pasar dari KKP. Selama periode FY2010-12, tingkat tahunan rata-rata kembali meningkat menjadi sekitar 7 persen ½ dengan baik kondisi pasar keuangan, membawa nilai KKP menjadi sekitar $ 257.000.000 pada akhir FY2012. Seperti akhir-FY2012, aset keuangan KKP diinvestasikan ke dalam US ekuitas (30 persen), non-AS ekuitas (30 persen), investasi pendapatan tetap (22 persen), real estate (7 persen), hedge fund (4 persen ), dan ekuitas swasta (8 persen). Prospek jangka panjang fiskal dinilai melalui menyajikan skenario penyesuaian alternatif terhadap baseline. Skenario baseline fitur penyesuaian fiskal yang terbatas dan reformasi struktural, sedangkan skenario alternatif menganggap reformasi fiskal yang komprehensif, termasuk pelaksanaan reformasi pajak dan struktural. Sepanjang semua skenario, hasil investasi bersih atas aset KKP diasumsikan sebesar 6 persen, sejalan dengan studi GAO sebelumnya. 1. Skenario Skenario dasar mengasumsikan bahwa surplus fiskal kecil (sekitar ½ persen dari PDB), mirip dengan yang dalam beberapa tahun terakhir, akan terus dalam jangka menengah, sebagai pengeluaran menyesuaikan dengan hibah Compact menurun. Jangka Menengah pertumbuhan riil diperkirakan akan rendah sekitar ½ persen, mencerminkan investasi lamban, migrasi keluar terus, dan pertumbuhan produktivitas yang rendah. Di bawah baseline, KKP tidak akan menghasilkan pendapatan investasi yang cukup untuk menggantikan hibah Compact tahunan berakhir di FY2023. Pada akhir-FY2023, saham aset keuangan akan menjadi sekitar $ 840.000.000 (dolar dalam FY2011), dimana $ 770.000.000 akan di KKP dan sekitar $ 70 juta funds89 lainnya. Selama awal frase penarikan FY2024, pendapatan investasi hanya akan sekitar $ 50 juta per tahun. Di sisi lain, sektor hibah Compact di FY2024 diperkirakan sekitar $ 66 juta, meninggalkan kekurangan sekitar 5 persen dari FY2011 GDP10. Dengan tidak adanya komitmen hibah luar FY2023 dan kurangnya aktivitas sektor swasta yang dinamis, pemerintah akan dipaksa untuk memperketat anggaran baik tajam atau cepat menguras tabungan yang terkumpul. Pengembalian investasi yang lebih tinggi bisa mempersempit kekurangan tersebut, tetapi hanya mengandalkan pengembalian yang tinggi atas cakrawala yang panjang tidak dianjurkan. Untuk menghasilkan pendapatan investasi yang cukup untuk mengimbangi hibah Compact berakhir, pengembalian investasi bersih akan perlu 7,2 persen per tahun sampai FY2023. Sementara KKP telah mencatat pengembalian investasi yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir, mengingat volatilitas tinggi dalam kinerjanya, tidak dianjurkan untuk mengharapkan sebagai kelanjutan dasar seperti pengembalian investasi yang tinggi dalam jangka waktu lama. 2. Kebijakan penyesuaian skenario Kesinambungan fiskal dapat dicapai melalui penyesuaian fiskal yang signifikan dan reformasi struktural untuk mendorong pertumbuhan sektor swasta. Dalam skenario penyesuaian kebijakan, pemerintah akan mengumpulkan tabungan dengan memperkuat surplus fiskal terakhir melalui reformasi pajak komprehensif dan pemotongan pengeluaran saat ini boros. Menurut perkiraan awal PFTAC, reformasi pajak yang direncanakan dapat meningkatkan penerimaan pajak oleh sekitar 4 persen dari PDB. Secara paralel, reformasi struktural (misalnya, peningkatan pendidikan, dan kebutuhan pembangunan lainnya) dapat meningkatkan potensi pertumbuhan sekitar 2 persen ½ dalam jangka menengah meskipun konsolidasi fiskal. 1) Skenario Swift penyesuaian Perkiraan menunjukkan bahwa keberlanjutan jangka panjang fiskal akan dicapai melalui surplus fiskal secara bertahap meningkat sekitar 1 persen dari PDB ¼ per tahun selama empat tahun untuk mencapai 6,4 persen dari PDB pada FY2016, dan mempertahankan level tersebut sampai FY2023. Anggaran akan perlu untuk menjalankan surplus cukup untuk menjaga nilai riil dana setelah FY2023. Berdasarkan skenario penyesuaian, saham aset pemerintah (termasuk pendapatan kumulatif dari ini surplus fiskal) akan mencapai sekitar $ 1,1 miliar pada akhir periode Compact di FY2023, sehingga menghasilkan pendapatan yang cukup untuk mengimbangi hibah Compact berakhir. Penyesuaian fiskal yang dibutuhkan lebih tinggi dibanding 2010 Laporan Pasal Staf IV sekitar ½ persen dari PDB, yang mencerminkan periode akumulasi pendek sampai FY2023. 2) Skenario bertahap penyesuaian Atau, pemerintah bisa mengakumulasi surplus fiskal lebih bertahap selama periode lebih lama dari skenario penyesuaian cepat, meskipun dengan risiko yang lebih tinggi dari kelelahan reformasi dan tingkat keseluruhan yang lebih tinggi dari surplus fiskal yang diperlukan untuk kesinambungan fiskal. Jika penyesuaian itu harus dilakukan selama delapan tahun, bukan empat tahun, surplus fiskal akan perlu ditingkatkan sebesar 0,8 persen dari PDB per tahun mencapai sekitar 7,8 persen dari PDB pada FY2020, dan kemudian dipertahankan pada level tersebut sampai FY2023. Jumlah yang diharapkan dari aktiva KKP adalah sama seperti di bawah skenario penyesuaian cepat. 1 Misi bertemu dengan pejabat pemerintah, para pemimpin politik, donor, dan perwakilan sektor swasta di Pohnpei dari tanggal 9 November sampai 19, 2012. Perwakilan Daerah Resident untuk Negara Pulau Pasifik, perwakilan dari Kantor Direktur Eksekutif, Bank Pembangunan Asia dan Bank Dunia juga bergabung diskusi. Angka dan perkiraan yang terkandung dalam pernyataan ini dapat direvisi dalam Laporan Konsultasi IV Pasal Staf mendatang sebagai data tertunda diterima. 2 Data Tahunan mengacu pada tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 30 September. 3 Saldo fiskal keseluruhan konsolidasi dihitung dengan menggabungkan bahwa pemerintah nasional dan neraca fiskal dari empat pemerintah negara bagian (Chuuk, Kosrae, Pohnpei dan Yap). 4 Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa penggunaan aset dana perwalian yang ditetapkan oleh perjanjian Compact antara FSM dan Amerika Serikat. 5 Sisanya adalah pajak tidak langsung. 6 Doing Business (2013) peringkat FSM pada keluar 150 dari 185 negara. Para peringkat sangat rendah dalam mendaftarkan properti (185), melindungi investor (ke-177), dan menyelesaikan kebangkrutan (166th).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More