Selasa, 20 November 2012

IMF Executive Board Approves Three-Year, US$78.9Million ECF Arrangement for Liberia

Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) hari ini menyetujui Fasilitas tiga tahun Kredit Extended (ECF) 1 Pengaturan untuk Liberia dalam jumlah setara dengan SDR 51.680.000 (sekitar US $ 78.900.000). Jumlah keseluruhan dari program mewakili 40 persen dari kuota Liberia di IMF dan persetujuan memungkinkan pencairan segera SDR 7.382.000 (sekitar US $ 11,3 juta). Badan Eksekutif juga menyimpulkan tahun 2012 Pasal IV konsultasi dengan Liberia, yang akan rinci dalam Pemberitahuan Informasi Publik pada waktunya. Setelah diskusi Dewan Eksekutif Liberia, Pak Min Zhu, Deputi Direktur dan Ketua Bertindak, membuat pernyataan berikut. "Liberia membuat keuntungan makro ekonomi yang kuat di bawah Fasilitas Kredit baru-baru ini diperpanjang (ECF) pengaturan didukung oleh IMF. Pertumbuhan ekonomi telah kuat, inflasi sebagian besar telah mengandung, cadangan internasional telah dibangun, dan utang luar negeri telah dikurangi melalui keringanan utang substansial. Namun, reformasi lebih lanjut diperlukan untuk mempromosikan pertumbuhan yang luas, mengurangi kemiskinan, dan menciptakan lapangan kerja, terutama bagi kaum muda. "Pengaturan ECF baru ini bertujuan untuk mendukung kemiskinan kedua otoritas 'strategi pengurangan. Prioritas kebijakan fokus pada menjaga stabilitas makroekonomi dan meletakkan dasar bagi pertumbuhan yang lebih cepat dan beragam melalui Peningkatan substansial dari investasi infrastruktur dan sosial. "Pertumbuhan akan didukung oleh kebijakan makroekonomi yang sehat, investasi yang lebih tinggi, dan implementasi yang kuat dari reformasi struktural. Reformasi fiskal fokus pada pengeluaran saat mengandung, terutama pembayaran gaji, dan memperkuat pelaksanaan anggaran dan kontrol, melalui peningkatan manajemen keuangan publik. Peningkatan batas utang luar negeri akan memungkinkan scaling up kritis pertumbuhan meningkatkan investasi tetap menjaga keberlanjutan hutang. Tindakan juga direncanakan untuk lebih meningkatkan tata kelola dan transparansi, termasuk pengawasan keuangan BUMN, perampingan prosedur pengadaan, meningkatkan pelaksanaan proyek, dan membangun unit sumber daya pendapatan alam di Departemen Keuangan. Reformasi sektor keuangan fokus pada mengurangi kerentanan dan meningkatkan akses terhadap kredit. " LAMPIRAN Perkembangan terakhir Ekonomi Liberia membuat keuntungan makro ekonomi yang kuat di bawah program ECF sukses awalnya disetujui pada tahun 2008 selama tiga tahun dan kemudian diperpanjang hingga Mei 2012 (lihat Siaran Pers No 12/165). Pendek ke jangka menengah prospek masih menguntungkan, meskipun risiko cukup besar. Setelah dorongan pasca-konflik awal, pertumbuhan ekonomi rata-rata 7 persen telah setahun sejak 2009 (sebagian besar dari non-tambang kegiatan sebelum dimulainya kembali ekspor bijih besi di akhir 2011), sementara inflasi telah banyak terkandung di atau dekat digit tunggal. Dengan dimulainya kembali ekspor bijih besi pada tahun 2011, produk domestik bruto (PDB) Pertumbuhan diperkirakan mendekati 9 persen pada tahun 2012, didukung oleh pertumbuhan yang kuat di sektor pertambangan dan kebijakan fiskal ekspansif untuk mengakomodasi scaling up dari investasi infrastruktur. Investasi asing langsung meningkat. Menyusul lonjakan harga pangan dan BBM tahun 2011 dan awal 2012, mata uang dolar AS inflasi turun menjadi di bawah 4 persen pada akhir Juni dan diperkirakan akan tetap berada di satu digit sampai akhir tahun 2012. Defisit perdagangan telah melebar sejak 2010 mencerminkan konsesi-dibiayai impor modal dan kenaikan harga pangan dan bahan bakar impor yang lebih dari mengimbangi kenaikan ekspor bijih besi. Cakupan cadangan tetap relatif stabil pada sekitar 2 ½ bulan impor. Namun demikian, stabilitas makroekonomi Liberia telah susah payah dan tantangan pembangunan yang menakutkan. Ini tetap menjadi negara miskin, dengan kesenjangan infrastruktur besar dan kebutuhan pembangunan yang besar. Kemiskinan tetap meresap (pada 84 persen dari populasi), dan peringkat Liberia dekat bagian bawah Indeks Pembangunan Manusia PBB (IPM) dan tidak mungkin untuk memenuhi berbagai Tujuan Pembangunan Milenium. Ringkasan Program Susunan ECF akan mendukung program pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan berbasis luas dan pengentasan kemiskinan, sejalan dengan Strategi Pengurangan Kemiskinan mereka, dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi. Konsisten dengan tujuan tersebut, program ini memiliki tiga tujuan utama: • Menciptakan ruang fiskal untuk belanja modal yang lebih tinggi dengan biaya yang mengandung personil dan transfer berjalan lainnya; • Penguatan sektor keuangan melalui pengurangan kerentanan dan meningkatkan akses terhadap kredit, dan • Mendasari pertumbuhan dengan reformasi struktural untuk lebih meningkatkan pengelolaan keuangan publik, tata kelola, dan lingkungan bisnis. Liberia: Indikator Ekonomi dan Keuangan Dipilih, 2.009-13 2009 2010 2011 2012 Proj. 2.013 Proj. (Persentase perubahan tahunan, kecuali dinyatakan lain) Nasional rekening dan harga PDB riil 5,3 6,1 8,2 8,9 8,3 PDB deflator (dolar AS) -1,7 5,4 10,6 5,0 1,1 Nominal PDB (juta dolar AS) 1,155.1 1,291.9 1,545.4 1,767.5 1,934.4 Harga konsumen (rata-rata tahunan) 7,4 7,3 8,5 6,6 5,6 Eksternal sektor Ekspor, f.o.b. -39,7 40,4 77,0 23,8 14,3 Impor, f.o.b. -19,0 ​​17,4 49,9 33,3 16,1 Terms of trade (kerusakan -) -9,2 76,8 16,1 -24,1 -2,5 Rata-rata nilai tukar (mata uang lokal per dolar AS) 68,3 71,4 72,2 ...... Gross resmi cadangan (jutaan dolar AS) 312,2 391,4 425,1 452,0 462,0 Impor cakupan cadangan (bulan) 1 3,2 3,5 2,9 2,2 2,1 Pemerintah pusat operasi 2 Jumlah pendapatan dan hibah 13,5 22,6 30,2 23,0 9,7 Yang: total pendapatan 5,2 30,2 21,7 29,3 6,5 Total pengeluaran dan pinjaman bersih 26,3 13,4 35,7 34,3 19,9 Yang: pengeluaran saat ini 24,2 16,4 23,5 44,3 5,9 belanja modal 41,5 -6,2 131,7 -7,8 111,8 Uang dan kredit Cadangan uang 12,4 33,9 49,7 13,8 12,1 Luas uang beredar (M2) 3 36,7 35,4 34,6 17,4 12,6 Kredit ke sektor swasta 31.5 40.1 32.4 14.4 9.4 (Persen dari PDB) Eksternal sektor Saat saldo rekening (Termasuk hibah resmi) -28,8 -32,8 -34,1 -52,4 -62,4 (Tidak termasuk hibah resmi) -148,2 -152,0 -149,3 -131,5 -97,4 Neraca perdagangan -36,4 -35,5 -40,7 -49,5 -53,0 Ekspor, f.o.b. 13,3 16,7 24,6 26,7 27,9 Impor, f.o.b. -49,7 -52,2 -65,4 -76,2 -80,9 Pemerintah pusat operasi 2 Jumlah pendapatan dan hibah 20,7 23,5 26,4 27,8 27,3 Yang: total pendapatan 18,6 22,5 23,6 26,1 24,9 Total pengeluaran dan pinjaman bersih 21,9 23,1 27,0 31,0 33,3 Yang: pengeluaran saat ini 18,9 20,5 21,8 27,0 25,6 belanja modal 3,0 2,6 5,2 4,1 7,8 Secara keseluruhan fiskal keseimbangan (termasuk hibah) -1,2 0,5 -0,6 -3,2 -6,0 Utang publik eksternal 145,4 8,8 10,7 12,1 14,8 Sumber: Otoritas Liberia dan perkiraan staf IMF dan proyeksi. 1 Tidak termasuk diperhitungkan impor PBB layanan militer. 2 Tahun Buku yang berakhir pada bulan Juni atas dasar kas (pembayaran hutang layanan ditampilkan setelah semua utang). 3 Ditetapkan sebagai mata uang Liberia luar bank ditambah permintaan, waktu, dan tabungan di Liberia dan dolar AS. 1 Fasilitas Kredit Extended (ECF) telah menggantikan Pengurangan Kemiskinan dan Pertumbuhan Fasilitas (PRGF) sebagai alat utama IMF untuk jangka menengah dukungan keuangan kepada negara-negara berpenghasilan rendah. Ini memberikan tingkat yang lebih tinggi dari akses ke pendanaan, persyaratan konsesi lebih, fleksibilitas ditingkatkan dalam desain program, dan lebih terfokus, persyaratan efisien. Pembiayaan dengan ECF saat membawa tingkat bunga nol, dengan masa tenggang 5 tahun ½, dan jatuh tempo 10 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More